back to top
back to bottom

Minggu, 22 April 2012

0 Dirjen Perbendaharaan Disambut oleh Pemuka Adat Raja Ampat


Liputan Rakorwil Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua
Raja Ampat, perbendaharaan.go.id - Dirjen Perbendaharaan Agus Suprijanto menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, pada tanggal tanggal 11 s.d. 15 April 2012, di Raja Ampat. Rakorwil tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Raja Ampat yang sebelumnya telah membuka kegiatan itu secara resmi.

Rakorwil kali ini mengambil tema “komitmen bersama tingkatkan kualitas dan harmoni kerja wujudkan visi Ditjen Perbendaharaan”. Beberapa rumusan penting sebagai hasil dari rakorwil telah disepakati. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua menetapkan target realisasi triwulanan sebagai strategi baru percepatan realisasi dan perataan penarikan dana. Penggalian akar permasalahan dan penetapan strategi perencanaan kas akurat namun tanpa mengganggu percepatan realisasi anggaran. Hal itu akan menjadi win-win solution baik bagi Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan selaku Government Cash Manager maupun bagi satker bersangkutan.

Dalam kesempatan tersebut pula, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua merumuskan strategi peningkatan kualitas LKPP yang terus dipertajam, pemantapan persiapan implementasi KPPN Percontohan dari segala sudut pandang, serta persiapan roll out SPAN tahun 2012.

Masih dalam rangkaian acara rakorwil juga, dilaksanakan penandatanganan IKU Kemenkeu Three antara Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua dengan para pejabat Eselon III. Forum Rakorwil juga telah berhasil menjadi media perekat silaturahmi jajaran Ditjen Perbendaharaan di tanah Papua. Panitia menyelenggarakan outbond game untuk seluruh peserta Rakorwil sebagai cerminan implementasi nilai – nilai kementerian keuangan.

Kedatangan Dirjen Perbendaharaan beserta rombongan di Bandara Domine Eduard Osok Kota Sorong disambut langsung Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Bjardianto Pudjiono dan Kepala KPPN Sorong, Sujadi. Turut dalam rombongan tersebut Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Tata Suntara, Tenaga Pengkaji Perbendaharaan Sudarto, para Kepala Bagian lingkup Setditjen Perbendaharaan, dan beberapa Pejabat Eselon IV.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Suprijanto meresmikan penggunaan kapal baru milik Basarnas yang akan membawa rombongan dari Sorong ke Raja Ampat. Raja Ampat merupakan kabupaten yang terletak di ujung barat Provinsi Papua Barat dengan sebagian besar wilayah berupa kepulauan. Kedatangan Dirjen Perbendaharaan beserta rombongan disambut oleh pemuka adat Raja Ampat dengan ritual adat injak piring dan sajian tarian Selamat Datang.

Malam hari, Dirjen Perbendaharaan menyampaikan arahan kepada para jajaran Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua. Dirinya menyampaikan latar belakang pembahasan APBN-P dan implikasinya pada perekonomian. Lebih lanjut, Agus Suprijanto menjelaskan percepatan penyerapan anggaran terkait dengan aplikasi RPA serta pelaksanaan monev yang tidak sekedar pada dana saja namun juga output yang dihasilkan. Agus Suprijanto mengingatkan pula persiapan roll out SPAN yang memerlukan kompetensi Teknologi Informasi dari pegawai Ditjen Perbendaharaan, dan persiapan launching KPPN Percontohan.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perbendaharaan menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala KPPN lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Papua atas kinerja satkernya dalam kurun Tahun Anggaran 2011. Piagam yang diserahkan meliputi:
1. Kriteria penyerapan anggaran kepada KPPN Fak Fak (penilai Bidang PA)
2. Kriteria evaluasi kinerja dan hasil pembinaan kepada KPPN Biak (penilai Bidang PP)
3. Kriteria LKPP kepada KPPN Jayapura (penilai Bidang AKLAP)
4. Kriteria UAKPA kepada KPPN Fak Fak (penilai Bagian Umum)
Rangkaian acara diakhiri dengan tarian pergaulan Yospan yang ditarikan oleh pegawai-pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua. Dirjen Perbendaharaan dan Sekretaris Ditjen Perbendaharaan tak ketinggalan menarikan tarian Yospan.

Kehadiran Dirjen Perbendaharaan dan rombongan telah memberikan spirit dan motivasi kepada jajaran Ditjen Perbendaharaan di Papua dan di Papua Barat. Rakorwil di Raja Ampat kiranya menjadi rakor terakhir antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua bersama 7 (tujuh) KPPN di Provinsi Papua dengan 3 (tiga) KPPN di Provinsi Papua Barat. Kedepan, dengan pembentukan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Barat pada bulan Oktober 2012, maka Rakorwil di wilayah Provinsi Papua barat pada masa mendatang akan diselenggarakan secara ter[pisah oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Barat.
Sumber Berita : http://www.perbendaharaan.go.id
Baca Selengkapnya :http://www.perbendaharaan.go.id/new/?pilih=news&aksi=lihat&id=2872

0 komentar:

Posting Komentar